Kamis, 23 Juni 2011

Open your eyes: Blogging can Judging

Tanggal 18 Juni kemarin bertepatan dengan salah satu event untuk klien gw, PT Castrol Indonesia. Gw mencoba untuk mengundang beberapa nama yang sudah kondang dan punya nama di dunia blogging yang boleh dibilang belum pernah gw explore sebelumnya. Dengan modal tanya sana sini ke beberapa teman yang sudah gape dengan dunia otomotif dan mengenal beberapa blogger kenamaan di dunia otomotif, muncullah beberapa nama yang sudah kadung kondang antara lain: Stephen Langitan, Taufik Motoblog, Adi Alonrider dan juga Rudi Triatmono.
Pada saat acara, nama-nama diatas menyempatkan hadir di acara kecuali Mas Taufik yang berhalangan karena menghadiri acara di sekolah anaknya, Mas Stephen Langitan, Mas Rudi dan Mas Adi berkenan untuk hadir dan ini kesempatan buat gw untuk bertanya-tanya mengenai dunia blogging ini dan seberapa efektif blog saat ini untuk bisa memberikan impact kepada konsumen dan ternyata hasilnya memang cukup efektif.


Ternyata tidak semua blogger-blogger itu memiliki background jurnalistik atau berasal dari media yang memiliki aturan-aturan untuk ditaati pada saat membuat sebuah tulisan. Mereka yang menulis melalui blog pribadi memiliki latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda tetapi mereka menuliskan apa yang menjadi passion mereka di blog-nya. Passion yang mereka perlihatkan pada setiap post mereka di blog ternyata mampu menarik blogger lainnya untuk "mengintip" setiap tulisan mereka dan akhirnya mampu mempengaruhi pengunjung blog untuk menanyakan isi dari setiap tulisan yang dipostingkan, dari sini pembahasan menjadi terus berkambang dan menjadi semacam snow ball effect yang bisa memberikan impact secara langsung kepada brand yang disebutkan dalam tulisan blogger-blogger tersebut (disini contohnya adalah dunia otomotif). Itu sebabnya sekarang distributor dan brand besar di dunia otomotif sudah mulai sering melibatkan blogger untuk hadir di setiap acara yang mereka selenggarakan dan menandakan bahwa dunia blog saat ini memiliki pengaruh cukup besar dalam menyebarkan pesan ke konsumen di luar media massa konvensional yang ada saat ini.

Kerennya lagi, tata bahasa dan ulasan yang mereka buat tidak mesti berisikan lululalala (basabasi) dan kadang langsung ke inti dari pengalaman yang mereka lihat dan rasakan. Menurut gw ini yang merupakan salah satu kekuatan blog, si pembaca seperti berada di posisi penulis blog yang baru saja merasakan pengalaman tersebut sehingga pembaca percaya dan akhirnya terpengaruh untuk mencoba.

Dari hasil ngobrol dengan mereka gw juga mengambil kesimpulan bahwa berawal dari sebuah hobi bisa menjadi sebuah bisnis yang mendatangkan profit, sounds yummy heh? :). Kenapa? karena mereka yang menjadi blogger ini pada awalnya hanya menuliskan apa yang menjadi interest mereka selama ini, tetapi pada akhirnya bisa mendatangkan keuntungan dari sisi bisnis ke mereka. Dari beberapa blog yang gw lihat dari nama-nama di atas beberapa brand ternama di dunia otomotif sudah menampilkan advertorial mereka dan pastinya ada sejumlah biaya yang dikeluarkan untuk menaruh brand mereka disana. Enak kan? menulis apa yang menjadi passion terus mendapatkan pemasukan dari situ.

Cheers!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar